Artificial Intelligence (AI), Haruskah kita takut

Artificial Intelligence (AI), Haruskah kita takut

Berita Menarik Bola International

Boladw88.comArtificial Intelligence (AI), Haruskah kita takut  .  Artificial Intelligence (AI) adalah Kecerdasan buatan yang dapat membuat keputusannya sendiri berdasarkan hasil pemangamatnnya, kurang lebih AI ini seperti otak buatan. Pengembangan AI ini diharapkan dapat mencapai kecerdasaan yang melebihi manusia. Dengan kecerdasan “super” ini diharapkan manusia dapat terbantu untuk menyelesaikan berbagai masalah, seperti tentang teknologi yang effisien untuk masa depan ataupun mengenai obat-obatan yang masih belum ditemukan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Artificial Intelligence (AI), Haruskah kita takut  . Segala sesuatu dalam dunia ini memiliki positive dan negative, pro dan kontra. Sama halnya dengan pengembangan AI ini, banyak pro dan kontra yang bermunculan. Bahkan perdebatan tentang AI ini melibatkan orang-orang hebat. Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook adalah salah satu yang pro tentang pengembangan AI. Sedangkan disisi kontra ada Elon Musk, pendiri SpaceX yang disebut sebagai “Iron Man” di dunia nyata.

Bagi Mark Zuckerberg pengembangan AI dapat memberikan kehidupan yang lebih baik di masa depan, dan ia sangat optimis dengan hal tersebut. Sedangakan bagi Elon Musk pengembangan AI dapat menjadi akhir bagi eksistensi manusia di dunia ini alias kiamat bagi umat manusia. Mengenai hal tersebut Mark Zuckerberg merespon dengan mengatakan bahwa hal tersebut tidak masuk akal, mengatakan bahwa dunia akan berakhir karna AI adalah suatu hal yang tidak beralasan. Lalu Elon Musk membalas dengan mengatakan bahwa pengetahuan Mark Zuckerberg akan AI sangat lah terbatas.

Hmmm, debat para elit di dunia teknologi ini memang patut ditunggu kelanjutannya. Bagi saya pribadi AI seperti pedang bermata dua. Di satu sisi AI dapat membantu dalam banyak hal untuk pengembangan teknologi di masa depan. Kita sudah melihat bagaimana pengembangan AI sangatlah luar bisa, AI sudah berhasil untuk mengalahkan pemain pro top di Dota 2, Google’s AlphaZero AI berhasil menjadi master catur dalam waktu empat jam saja ,dan sekarang sudah banyak robot yang memiliki kemampuan AI, seprti robot Sophia contohnya.

Masih Ingat ketika pertengahan tahun lalu Facebook harus melakukan Shutdown untuk AI mereka?. Facebook melakukan shutdown saat itu karena mendapatkan hal yang ganjil saat melakukan percobaan dengan membuat dua AI saling berkomunikasi. Didalam komunikasi kedua AI tersebut didapatkan bahasa yang tidak dimengerti. Awalnya para peneliti ini berfikir bahwa AI ini sedang bermasalah atau error, tetapi setelah diteliti lebih lanjut ternyata kedua AI ini membuat bahasa baru yang hanya dimengerti oleh mereka berdua. Wow!!!! Hanya dalam waktu singkat mereka sudah berhasil memiliki bahasa mereka sendiri, yang ini mah Mengerikan!!.

Apakah saya berebihan? terlalu takut? Terlalu banyak berfantasi?terlalu banyak nonton film? Seperti film nya Will Smith yang rilis pada 2004 berjudul “I,Robot”. Pada Film tersebut diceritakan bahwa para robot yang dibuat untuk membantu manusia malah berkhianat dengan berusaha untuk menghancurkan umat manusia. Alasan para robot ini adalah karna banyak manusia yang malah merusak bumi ini, dengan memusnahkan umat manusia para robot ini berharap untuk menyelamatkan bumi. Well dengan pemikiran yang menggunakan logika tok.. tanpa berpikir secara kemanusiaan, pemikiran para robot ini bener adanya. Hal ini lah yang ditakutkan akan terjadi oleh Elon Musk. Semoga tidak lah ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *